Tips Pintar Memakai AC Supaya Hemat Listrik

Tips Pintar Memakai AC Supaya Hemat Listrik

Pendingin ruangan atau AC sudah menjadi primadona di setiap rumah sebagai penyelamat di kala cuaca sedang terik-teriknya. Salah satu jenis AC yang menjadi favorit di setiap hunian adalah ac pk besar seperti pada laman berikut https://www.lg.com/id/business/multi-split. Dengan AC multi split, Anda akan lebih mudah mengatur suhu AC untuk beberapa ruangan sekaligus. 

Namun, ada beberapa penilaian bahwa memakai AC akan membuat tagihan listrik menjadi besar. Kebiasaan memakai AC yang tidak benar adalah penyebab tagihan listrik menjadi besar. Lantas, bagaimana memakai AC yang benar supaya listrik lebih hemat?

  1. Sesuaikan mode AC. Memasang mode AC yang tidak sesuai dengan kondisi cuaca saat itu adalah salah satu penyebab boros listrik. Hal pertama yang Anda lakukan saat masuk ke rumah setelah lama berada di luar ruangan dengan cuaca terik pasti langsung menyalakan AC dan mengatur mode cool supaya cepat dingin. Sebenarnya, mode ini memakan banyak listrik karena kompressor akan terus berputar sampai suhu dingin. Sebaiknya, jika suhu sudah dirasa cukup nyaman, Anda dapat mengubahnya ke mode dry. Dengan mode dry, kelembaban ruangan akan terserap tanpa mengurangi suhu ruangan atau Anda dapat langsung mengatur mode auto supaya AC dapat cepat menyesuaikan dengan suhu ruangan.
  2. Tutup ruangan dan jendela saat AC menyala. Membiarkan jendela dan pintu terbuka saat AC menyala merupakan kebiasaan kecil yang berdampak besar bagi kinerja AC dan menyebabkan tagihan listrik membengkak. Pasalnya, jika ruangan dibiarkan terbuka, mesin akan terus bekerja sampai ruangan terasa dingin. Tapi, bagaimana AC mencapai suhu yang diinginkan apabila udara di luar ruangan dibiarkan masuk ke dalam? AC yang menyimpan udara kotor dipaksa untuk terus menerus menyerap udara kotor tersebut. Alhasil, mesin akan cepat rusak dan tagihan listrik Anda membengkak.
  3. Suhu ideal ruangan 25-28 derajat. Suhu 25-28 derajat merupakan suhu ideal bagi tubuh manusia. Meskipun tubuh manusia dapat beradaptasi dengan suhu yang ada, namun tetap ada batasannya. Jika memasang suhu AC terlalu rendah, tubuh akan cepat sakit dan AC pun akan cepat rusak. Jangan sampai Anda memasang suhu AC di bawah 20 derajat, apalagi sampai di kisaran 16 derajat karena ruangan tidak akan pernah mencapai suhu 16 derajat. Jika AC belum mencapai suhu yang diinginkan, kompressor akan dipaksa terus bekerja dengan daya tinggi sehingga akan menyebabkan mesin terlalu panas dan kompressor mati. Kebiasaan ini akan memperpendek umur kompressor AC. Lebih baik, pasang AC dengan suhu ideal. Selain itu, setiap Anda meningkatkan suhu AC sebesar 1 derajat, Anda dapat menghemat listrik sekitar 7 sampai 10 persen, lho!

Itulah tips pintar yang dapat Anda aplikasikan supaya listrik Anda lebih hemat dan AC Anda akan lebih awet. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *