Manfaat Invoice Penjualan untuk Bisnis dan Cara Membuatnya

Manfaat Invoice Penjualan untuk Bisnis dan Cara Membuatnya

Invoice penjualan memiliki banyak kegunaan atau manfaat sehingga sebaiknya jangan langsung membuangnya begitu saja setelah berbelanja. Berikut beberapa kegunaan atau manfaat invoice atau bukti transaksi penjualan:

  • Alat untuk pembukuan yang akurat

Invoice penjualan adalah alat penting untuk usaha kecil karena berfungsi sebagai dasar untuk sistem pembukuan bisnis. Invoice penjualan membuat catatan penjualan. Dengan mencatat dan mengarsipkan semua invoice yang Anda kirim ke klien dengan benar, Anda akan memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk melacak penjualan Anda, memantau arus kas Anda dan membuat laporan keuangan yang kuat.

  • Bukti saat pelaporan pajak

Invoice penjualan adalah dokumentasi penting untuk memverifikasi klaim yang Anda buat pada laporan pajak Anda. IAI merekomendasikan agar usaha kecil menyimpan dokumen pendukung seperti invoice di tempat utama, jika Anda perlu mengkonfirmasi informasi yang Anda sertakan dalam buku perusahaan Anda.

Anda dapat merujuk ke daftar lengkap dokumen bisnis pendukung yang direkomendasikan oleh IAI untuk rincian lebih lanjut. Invoice yang direkam dengan benar juga membuat proses penyelesaian pajak Anda lebih mudah, karena Anda akan memiliki catatan lengkap tentang pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda.

  • Alat manajemen persediaan

Jika bisnis Anda menjual produk fisik kepada pelanggannya, sales invoice Anda dapat membantu Anda mengelola inventaris Anda dan memastikan Anda selalu memiliki cukup setiap produk untuk memenuhi pesanan masuk Anda.

Invoice penjualan Anda membantu Anda melacak berapa banyak inventaris yang Anda miliki dan memungkinkan Anda memperkirakan berapa banyak yang akan Anda butuhkan untuk bulan-bulan mendatang, berdasarkan data masa lalu.

  • Perlindungan hukum

Invoice penjualan Anda dapat membantu melindungi Anda dari tuntutan hukum atau tidak berdasar yang dapat diajukan terhadap perusahaan Anda. sales invoice dapat menunjukkan layanan apa yang disediakan bisnis Anda kepada klien dan jadwal untuk pekerjaan tersebut. Invoice penjualan yang ditandatangani oleh klien sangat berguna dalam hal ini, tetapi tidak perlu.

  • Data untuk perencanaan bisnis

Invoice penjualan berfungsi sebagai data penting ketika bisnis Anda merencanakan masa depannya. Invoice penjualan dapat menawarkan informasi tentang berapa banyak pendapatan yang Anda bawa dan bagaimana penghasilan Anda telah berubah dari waktu ke waktu.

Anda dapat menggunakan informasi itu untuk melakukan perkiraan anggaran. Anda juga dapat menggunakan data penjualan Anda untuk melihat berapa banyak uang tunai yang Anda miliki untuk berinvestasi dalam menumbuhkan atau meningkatkan bisnis Anda.

Invoice penjualan merinci semua layanan berbeda yang Anda berikan kepada klien, sehingga Anda dapat melihat penawaran mana yang paling populer dan layanan mana yang tidak menghasilkan banyak pendapatan. Dengan informasi itu, Anda dapat membuat keputusan tentang cara memperbarui penawaran bisnis Anda untuk membuat perusahaan Anda lebih menarik bagi klien potensial.

Bukti transaksi penjualan termasuk salah satu dokumen penting dalam perusahaan. Selain sebagai bukti transaksi, adanya sales invoice juga sebagai tanda berapa banyak barang yang telah dijual. Sehingga perusahaan dapat memperbarui stok barang mereka.

Cara Membuat Invoice Penjualan

Pembuatan invoice ini sebenarnya memiliki dua cara yaitu secara modern maupun secara konvensional atau manual. Tentunya pemilihan cara tersebut harus disesuaikan dan dipilih tergantung sepenuhnya pada preferensi suatu perusahaan. Selain preferensi perusahaan tentunya juga harus dipertimbangkan hal yang berkaitan dengan kapasitas perusahaan itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya ada ulasan singkat tentang cara membuat invoice khususnya invoice penjualan baik secara manual atau secara modern.

  • Cara Manual

Membuat invoice ini dengan menggunakan cara konvensional dapat dilakukan dengan cara menuliskan atau mengisi informasi. Informasi yang harus diisi tersebut diantaranya adalah detail pembelian, jumlah pembayaran, identitas diri, dan juga informasi-informasi penting lainnya yang sekiranya perlu untuk dimasukan untuk melengkapi data serinci mungkin.

Pembuatan invoice manual dapat menggunakan software yang sering kita temui. Software yang mudah ditemui yaitu microsoft excel. Untuk membuat invoice dengan excel cukup mudah. Untuk petunjuk lengkap pembuatannya dan contohnya anda dapat mencari contoh sales invoice excel di internet dengan mesin pencarian google atau pencarian lainnya.

  • Cara Modern

Cara kedua yaitu dengan menggunakan software pembukuan seperti Jurnal. Bisa dikatakan ini adalah cara membuat bukti transaksi secara modern. Mengingat sekarang ini perkembangan teknologi sudah sangat maju, pembuatan invoice pun bisa secara digital dan otomatis

Dengan adanya software invoice online Indonesia, bagian penjualan bisa membuat, mencetak, dan juga mengirimkan suatu invoice dalam waktu singkat. Di dalam software ini Anda juga bisa mengkostumisasi tampilan invoice dan komponen apa saja yang ada dalam invoice tersebu sesuai dengan kebutuhan dan keperluan bisnis.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda tidak hanya bisa membuat invoice penjualan dengan cepat, mudah, dan tepat. Anda juga bisa merasakan fitur terbaik yang dibutuhkan oleh bisnis seperti pencatatan pembelian dan penjualan, penghitungan dan pelaporan pajak otomatis, pencatatan dan pemantauan stok, otomatisasi banyak jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi. Tertarik menggunakan Jurnal? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari.

Kesimpulan

Sudah tahu kan apa itu invoice atau bukti transaksi penjualan itu seperti apa dan bagaimana cara membuatnya. Pastikan untuk selalu memiliki bukti transaksi saat melakukan jual-beli barang maupun jasa. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya bukti transaksi ini baik dari sudut penjual maupun pembeli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.