Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 138, 139, 140, 141, 142, 143 Subtema 3 Buku Tematik Cita-citaku

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 138, 139, 140, 141, 142, 143 Subtema 3 Buku Tematik Cita-citaku

Inilah kunci jawaban Buku Tematik halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, dan 11 Kelas 4 SD Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD Tema 6, memiliki judul Indahnya Keragaman di Negeriku. Subtema 1 Buku Tematik ini berjudul Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku.

Adapun dalam artikel ini berisi kunci jawaban pembelajaran 1 di halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, dan 11. Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan. Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa terbesar adalah Suku Jawa yang meliputi 40,2 persen dari penduduk Indonesia.

Suku Jawa ini merupakan gabungan dari suku suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, dan suku suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya adalah Suku Nias dengan jumlah 1.041.925 jiwa atau hanya 0,44 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Namun, suku suku Papua yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya hanya 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya 2.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia. Bentuklah kelompok bersama 4 5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Suku Bangsa di Indonesia”.

1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut. Kata Sulit: Slogan

Artinya: Kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat. Kata Sulit: Sensus Artinya: Penghitungan jumlah penduduk, ekonomi, dan sebagainya yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu.

Kata Sulit: Etnis Artinya: Etnis adalah penggolongan manusia berdasarkan kepercayaan, nilai, kebiasaan, adat istiadat, norma bahasa, sejarah, geografis, dan hubungan kekerabatan. 2. Ada berapa paragraf pada teks “Suku Bangsa di Indonesia”? Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf.

Pokok pikiran paragraf 1: Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya. Pokok pikiran paragraf 2:

Berdasarkan hasil sensus tahun 2010 bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Apakah di daerahmu masih dijumpai alat transportasi seperti pada gambar di atas? Coba, ceritakan kepada teman temanmu. Apakah teman temanmu juga menjumpai jenis alat transportasi seperti yang kamu sebutkan?

Perhatikan lagi gambar bendi, pedati sapi, dan pedati kerbau. Dapatkah kamu melihat persamaan dari ketiga alat transportasi tradisional tersebut? Ada banyak persamaan, salah satunya adalah ketiga alat transportasi tersebut menggunakan binatang yang sama sama menarik beban berupa bendi atau pedati. Apa yang terjadi saat kuda menarik bendi?

Bendi akan bergerak karena mendapat gaya yang diberikan oleh kuda. Apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati? Pedati akan bergerak karena adanya gaya yang diberikan oleh kerbau,

Lakukan kegiatan kegiatan sederhana berikut. 1. Dorong meja belajarmu pelan pelan hingga bergeser sedikit, lalu tarik ke posisi semula. 2. Angkat tas sekolahmu, lalu letakkan lagi ke posisi semula.

3. Ambil selembar kertas tak terpakai, lalu lipat atau remaslah kertas tersebut. Dari kegiatan tersebut, isilah tabel berikut. Aktivitas yang dilakukan: Mendorong meja

Hasil: Meja bergeser Aktivitas yang dilakukan: Menarik meja Hasil: Meja bergeser

Aktivitas yang dilakukan: Mengangkat tas Hasil: Tas bergerak Aktivitas yang dilakukan: Menurunkan tas

Hasil: Tas bergerak Aktivitas yang dilakukan: Meremas kertas Hasil: Kertas berubah bentuk

Kamu telah mengetahui pengertian gaya. Sekarang, perhatikan gambargambar berikut. Lalu, jawablah pertanyaan pada setiap gambar. 1. Mobil pada gambar dapat bergerak karena didorong menggunakan kekuatan otot. 2. Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik.

3. Jarum dapat menempel karena tarikan gaya magnet. 4. Buah jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi 5. Kursi mudah dipindahkan karena menggunakan roda. Roda dapat menghilangkan gaya gesek kaki kursi dengan lantai.

Diskusikan jawaban pertanyaan pertanyaan berikut dengan kelompokmu. 1. Apa yang dimaksud gaya otot? 2. Perhatikan gambar contoh contoh gaya otot di depan. Apa pengaruh gaya otot terhadap benda yang dikenai gaya pada setiap gambar?

1. Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot makhluk hidup, baik manusia atau hewan. 2. Pengaruh gaya otot terhadap benda: benda berpindah tempat atau berubah bentuk. Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

Hari ini saya belajar tentang suku bangsa, macam macam gaya dan pengaruhnya terhadap benda. Berapa banyak suku bangsa di Indonesia? Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku.

Bertanyalah kepada ayah dan ibumu, asal suku bangsa mereka masing masing. Sebagian dari soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak. Andrea Hirata adalah seorang penulis novel Indonesia. Novelnya yang terkenal berjudul Laskar Pelangi. Karyanya tiba tiba menjadi pembicaraan dimana mana, terlebih di dunia sastra.

Karya Andrea Hirata dianggap sangat mewakili kehidupan anak anak di Indonesia, apalagi novel ini diangkat dari kisah nyata sang penulis. Sewaktu kecil Andrea menimba ilmu di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan. Bahkan, bangunan itu hampir roboh. Kondisi sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut memang cukup memprihatinkan. Sebagai anak dari pegawai rendahan PN (Perusahaan Negara) Timah di Belitong, ia terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak.

Kendati harus menimba ilmu di bangunan yang tak nyaman, Andrea tetap memiliki motivasi yang besar untuk belajar. Di sekolah itu pula, ia bertemu dengan sahabat sahabatnya yang dijuluki dengan sebutan Laskar Pelangi. Di SD Muhammadiyah, Andrea bertemu dengan seorang guru bernama NA (Nyi Ayu) Muslimah. Kegigihan Bu Muslimah untuk mengajar siswa yang hanya berjumlah tak lebih dari 11 orang itu ternyata sangat berarti bagi kehidupannya. Berkat Bu Muslimah, Andrea mendapatkan dorongan yang membuatnya mampu menempuh jarak 30 km dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu. Bu Muslimah juga yang memacunya untuk mengejar cita citanya bersekolah di negeri seberang, Perancis. Sebuah mimpi dan cita cita yang sangat mustahil kala itu.

Cita cita Andrea Hirata Sekolah di Perancis Halangan yang dihadapi

Bersekolah di bangunan yang hampir roboh. Menempuh jarak 30 km dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu. Sikap yang dimiliki

Pantang menyerah Rajin belajar Usaha yang dilakukan

Menempuh jarak 30 km dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu. Apa kesimpulanmu terhadap usaha Andrea Hirata untuk meraih cita citanya? Sebuah cita cita dapat diraih dengan kerja keras dan dukungan orang orang disekitar kita.

Setelah membaca puisi di atas, lakukan langkah langkah berikut ini! 1. Tuliskan makna puisi di atas dalam buku catatanmu. 2. Tandai kalimat kalimat dalam baris puisi di atas dengan meletakkan tanda jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari sebelumnya.

3. Baca kembali beberapa kali hingga kamu mantap dengan intonasi dan pemenggalannya. 4. Hafalkan puisi tersebut termasuk kapan kamu berhenti dan memberikan tekanan sesuai tanda yang telah kamu buat. 5. Bacakan puisi tersebut dengan percaya diri di depan kelas.

Untuk meraih sebuah mimpi, kira harus berusaha tanpa lelah. Meskipun sulit, kita harus tetap tertawa dan bersyukur pada yang kuasa. Laskar Pelangi Karya: Nidji

Mimpi/adalah kunci// Untuk kita/ menaklukkan dunia// Berlarilah/engkau meraihnya// Laskar pelangi/takkan terikat waktu// Bebaskan mimpimu/di angkasa// Warnai bintang/di jiwa// Menarilah/dan terus tertawa// Walau dunia/tak seindah surga// Bersyukurlah/pada yang/kuasa// Cinta kita/di dunia,// selamanya//

Cinta/kepada hidup// Memberikan/senyuman abadi// Walau hidup/kadang tak adil// Tapi cinta/lengkapi kita/// Barang tambang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri. Ada banyak manfaat dari bahan tambang. Carilah informasi tentang manfaat sumber daya alam tambang dengan melengkapi tabel berikut!

1. Barang tambang: Minyak bumi Manfaat: Sebagai bahan bakar, sumber gas cair, bahan industri kimia dan produksi bahan serat 2. Barang tambang: Batu bara

Manfaat: Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Pembangkit Listrik Tenaga Gas, Bahan Bakar Rumah Tangga dan bahan industri kimia. 3. Barang tambang: Emas Manfaat: Bahan perhiasan, mengisi tambalan gigi dan sebagai lapisan bangunan.

4. Barang tambang: Timah Manfaat: Sebagai bahan produksi kaca, sebagai komponen industri otomotif. Berdasarkan tabel dan peta sumber daya bahan tambang tersebut, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1. Barang tambang apa saja yang terdapat di provinsimu? Barang tambang yang terdapat di prosinsi saya adalah minyak. 2. Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki oleh daerah provinsimu?

Barang tambang yang tidak dimiliki di provinisi saya adalah tambang emas. 3. Digunakan untuk apa sajakah barang tambang yang ada di daerahmu? Barang tambang yang ada di daerah saya digunakan untuk pembuatan bahan bakar.

Nama Hari Raya Keagamaan: Idul Fitri Umat yang Merayakan: Islam Nama Hari Raya Keagamaan: Nyepi

Umat yang Merayakan: Hindu Nama Hari Raya Keagamaan: Waisak Umat yang Merayakan: Budha

Nama Hari Raya Keagamaan: Natal Umat yang Merayakan: Kristen dan Katolik Pilihlah satu perayaan keagamaan yang paling kamu ketahui yang dilakukan masyarakat di daerah kamu tinggal.

Tuliskan penjelasanmu dalam sebuah paragraf, dan tuliskan di bawah ini! Nama Perayaan: : Hari Raya Idul Fitri Tujuan perayaan: Untuk Merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Sejarah singkat tentang perayaan: Hari raya Idul Fitri ini biasa disebut dengan lebaran. Lebaran ini untuk pertama kali dijalani umat Islam terjadi pada tahun ke 2 Hijriah. Perayaan Idul Fitri ini sebenarnya bertepatan dengan kemenangan kaum Muslimin dalam perang Badar yang terjadi pada 17 Ramadhan 2 Hijriah.

Cara masyarakat merayakan Idhul Fitri: 1. Melakukan Takbir hingga shalat idul fitri akan dimulai. 2. Membayar zakat yaitu harta tertentu yang wajib dikeluarkan.

3. Makan Sebelum Melaksanakan Shalat Idul Fitri 4. Melaksanakan Shalat Idul Fitri 5. Bersilaturahmi

Sebagian dari soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *