Kenali Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah mulut yang sangat mengganggu adalah gusi bengkak. Selain rasanya yang membuat ngilu, Anda pun juga mengalami ketidaknyamanan pada saat mengonsumsi makanan. Penyebab dari penyakit ini sangat beranekaragam, berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi gusi bengkak.

1. Menyikat Gigi dengan Keras

Adanya benturan pada gusi bisa membuatnya membengkak, dan hal tersebut bisa terjadi saat Anda menyikat gigi dengan keras. Jadi, bukan gigi bersih yang akan didapat, melainkan luka pada gusi dan membuatnya berdarah lalu membengkak. Selain itu, masalah lain yang bisa timbul adalah gigi menjadi sensitif, karena longgarnya jaringan pada garis gusi.

2. Gingivitis

Sudah kenal dengan penyakit yang satu ini? Penyakit ini sering terjadi karena kebersihan mulut yang tidak terjaga. Sehingga, bisa menyebabkan gusi menjadi iritasi dan meradang lalu membengkak. Jadi selalu pastikan mulut bersih dari sisa makanan yang nantinya bisa berkembang menjadi plak, dan lebih parahnya lagi bisa menjadi karang gigi.

3. Periodontitis

Penyebab selanjutnya adalah periodontitis, yang merupakan masalah kelanjutan dari gingivitis. Penyakit ini bisa membuat gusi menjadi bengkak, bahkan lebih parahnya lagi bisa membuat gusi mengeluarkan nanah, bau mulut, dan gusi berdarah. Periodontitis disebabkan karena infeksi pada gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi.

4. Sariawan

Hampir semua manusia pasti pernah mengalami yang namanya sariawan. Ternyata gangguan mulut yang satu ini juga bisa membuat gusi menjadi bengkak. Adanya infeksi virus dan gangguan sistem imun akan memicu munculnya sariawan. Kekurangan vitamin juga bisa menjadi penyebabnya, seperti vitamin B dan vitamin C.

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang bagaimana cara mengobati gusi bengkak? Caranya sangat banyak dan juga mudah. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan obat kumur. Jadi, selain menggosok gigi dengan rutin, Anda juga harus menggunakan obat kumur, karena memiliki kandungan antiseptik yang dapat membantu menyembuhkan gusi bengkak.

Cara yang kedua adalah dengan banyak mengonsumsi vitamin dan air putih. Perlu diingat, sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air, oleh karena, kita harus senantiasa menjaganya agar tidak terjadi dehidrasi. Selain itu, mengonsumsi air dan vitamin yang cukup juga akan membuat tubuh lebih fit dan terhindar dari berbagai macam gangguan penyakit mulut.

Jika, gusi bengkak masih belum hilang juga, Anda bisa langsung mengkonsultasikannya ke dokter. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat, sehingga gusi bengkak bisa lebih cepat disembuhkan.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang penyebab gusi bengkak dan juga cara penanganan. Sebenarnya masih banyak cara untuk menangani masalah gusi bengkak, Anda bisa mencari artikel kesehatan lainnya, hanya di Orami. Ada banyak sekali tips-tips kesehatan yang menarik dan bermanfaat untuk kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.