Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu, Akses dtks.kemensos.go.id, Masukkan NIK, Cair Maret 2021

Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu, Akses dtks.kemensos.go.id, Masukkan NIK, Cair Maret 2021

Berikut ini cara mengecek penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu dan cara mencairkannya. Program Bansos Tunai Rp 300 ribu dilaksanakan pada Januari hingga April 2021. Bantuan ini diberikan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total anggaran Rp 12 triliun.

Bansos Tunai tahap kedua di DKI Jakarta telah cair, Jumat (12/3/2021) lalu. "Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap 2 cair hari ini," tulis akun Instagram @dinsosdkijakarta. Warga Jakarta tak perlu menunggu surat undangan untuk mencairkan Bansos Tunai Rp 300 ribu.

Warga yang sudah mendapatkan buku tabungan dan ATM Bank DKI pada Januari lalu bisa langsung mengambil BST di rekening miliknya. "Cek rekening, Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap 2 sudah dicairkan hari ini, Jumat (12/3), " tulis akun Instagram @dkijakarta, Sabtu (13/3/2021). Penerima sudah dapat menarik langsung melalui Kartu ATM Bank DKI.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, akan mempercepat pencairan Bantuan Sosial bulan April 2021. Ia menargetkan bantuan sosial Maret 2021 dapat dicairkan pada minggu keempat di bulan yang sama. Pencairan itu akan berbarengan dengan pencairan bantuan sosial untuk April 2021 mendatang.

“Harapan kami untuk bulan Maret ini kami bisa realisasikan di minggu keempat di bulan Maret," ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (17/3/2021), dikutip dari laman Presidenri.go.id . "Demikian pula target untuk bulan April kami akan serahkan pada bulan Maret juga, sehingga masyarakat bisa melakukan pembelanjaan sesegera mungkin,” jelas Risma. 1. Buka laman .

2. Pilih ID Kepesertaan yang diinginkan. Adapun pilihan yang tersedia yakni NIK, ID DTKS/BDT, Kartu Sembako/BPNT, dan Nomor PBI JK/KIS. 3. Masukkan Nomor Kepesertaan dari ID yang dipilih.

4. Masukkan Nama yang sesuai dengan ID yang dipilih. 5. Masukkan kode yang tertera. 6. Klik Cari.

7. Muncul keterangan apakah ID yang diinput terdaftar atau tidak di DTKS. Kemensos kembali menggandeng PT Pos Indonesia sebagai satu di antara penyalur Bansos Tunai. Dikutip dari Kompas.tv , penerima harus datang ke Kantor Pos untuk mencairkan Bansos Tunai Rp 300 ribu.

Masyarakat penerima harus membawa surat undangan dari Ketua RT saat datang ke Kantor Pos. Selain itu, masyarakat harus membawa KTP atau Kartu Keluarga. Setelah menunjukkan KTP atau KK, petugas akan melakukan scan barcode yang tertera di surat undangan.

Masyarakat dapat menerima bantuan ini tanpa potongan tiap bulan sekali. Bagi penerima yang sudah memiliki rekening, BST akan disalurkan ke masing masing rekening penerima melalui bank Himbara yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN. Pencairan bisa dilakukan melalui ATM, kantor cabang, atau e warong menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.