Cara Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Cara Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Cara Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda –  Setiap orang yang bekerja pasti ingin mencapai kebebasan finansial. Tidak perlu bekerja, dan uang akan bekerja untuk kita. Kebebasan finansial adalah suatu kondisi ketika kita mencapai tabungan yang cukup dan relatif aman dan hasilnya dapat memenuhi setiap kebutuhan kita dalam hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan.

Menabung dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti berinvestasi melalui reksa dana, saham, P2P Lending dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa kegiatan menabung & berinvestasi:

Saving & Investing = Consumption

Ini adalah keadaan keseimbangan di mana tabungan dan investasi seimbang dengan pengeluaran kita.bKegiatan ini menggunakan 50 persen pendapatan untuk konsumsi dan sisanya disimpan dan diinvestasikan. Pola ini cocok untuk anak muda yang belum menikah karena tidak ada kewajiban atau kewajiban atau hutang. Anda dapat meningkatkan tabungan Anda dengan berinvestasi di reksa dana.

Saving & Investing = Consumption – Debt

Dalam pola ini, investasi dan tabungan akan berkurang jumlahnya karena kewajiban atau pengeluaran utang. Tahapan ini biasanya dialami oleh pasangan suami istri. Dalam pola ini, tidak cukup menjaga keseimbangan antara tabungan, investasi & konsumsi. 

Anda perlu menyiasatinya agar terbebas dari utang. Anda harus bebas hutang jika ingin mendapatkan kebebasan finansial. Jadi, jadikan prioritas nomor satu Anda untuk membebaskan diri dari hutang apa pun.

Saving & Investing = Consumption – Debt + Protection

Bagi pasangan yang sudah memiliki anak, aktivitas dalam pola ini adalah yang paling bijak. Meskipun tingkat alokasi dana untuk tabungan investasi tidak setinggi pola sebelumnya, hal ini disebabkan alokasi dana untuk proteksi (manajemen risiko) yang biasanya berupa premi asuransi.

Langkah-Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Ketahui Setiap Pengeluaran Anda

Setiap sen uang Anda, sekecil apa pun, harus dicatat dalam sebuah buku. Hal ini dapat membuat Anda lebih mengetahui kondisi keuangan Anda sendiri sehingga Anda mampu membuat keputusan keuangan. Di era digital ini, ada cukup banyak cara dan alat yang bisa Anda gunakan untuk mencatat rincian pengeluaran bulanan Anda.

Punya Penghasilan Tambahan

Jika penghasilan Anda saat ini hanya cukup untuk kebutuhan pokok, ada baiknya Anda memiliki penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan. Ada banyak jenis pekerjaan lain yang bisa Anda gunakan sebagai batu loncatan menuju kebebasan finansial.

Ada banyak orang yang sukses dengan toko online-nya selain mereka yang berwirausaha di bisnis makanan. Banyak sekali peluang bisnis dan pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bayar Diri Anda Terlebih Dahulu

Untuk mencapai kebebasan finansial, Anda perlu menyiapkan uang untuk masa depan. Ini disebut Bayar Diri Anda Terlebih Dahulu. Banyak orang berpikir bahwa menabung adalah menyisihkan uang mereka setelah setiap alokasi pengeluaran.

Ketika kita membicarakan Pay Yourself First, Anda harus mendahulukan kepentingan masa depan Anda, yaitu tabungan. Anda dapat memprioritaskan tabungan yang dapat dimasukkan dalam investasi

Banyak jenis investasi yang bisa digunakan, seperti Reksa Dana, Saham, Investasi Emas dan lain-lain. Dengan berbagai tingkat risiko yang ada, Anda perlu mempelajarinya dengan cermat dan memiliki pengalaman yang dapat mengajarkan Anda untuk lebih dapat diandalkan sebagai investor.

Memiliki Mentor

Ini mungkin salah satu tip terpenting dalam hal kesuksesan dalam kebebasan finansial.  Jika Anda tidak memiliki teman atau keluarga yang layak menjadi mentor di mata Anda, lihatlah secara online. Banyak sekali orang sukses dalam kebebasan finansial yang tidak pelit membagi ilmunya. Anda bisa belajar tentang gaya hidup mereka.

Bebaskan Diri Anda Dari Hutang

Mungkin Anda pernah membaca tentang utang positif, seperti meminjam dana dari bank untuk bisnis yang Anda kelola. Utang semacam itu masih direkomendasikan oleh beberapa ekonom. Namun, Anda tetap harus mengelola arus kas agar terbebas dari utang. 

Mulai Investasi P2P Lending Sekarang

Perusahaan fintech yang menawarkan Peer to Peer Lending adalah berperan dalam menyediakan marketplace sebagai platform yang akan digunakan oleh debitur untuk mengajukan pinjaman uang dan kreditur serta investor untuk menyediakan dana pinjaman. 

Seorang debitur akan mendapatkan dana pinjaman setelah semua permohonan pinjamannya berhasil disetujui oleh tim analisis yang bekerja di perusahaan fintech tersebut. 

P2P Lending yang juga dikenal sebagai marketplace, menyediakan tempat bagi kedua belah pihak untuk bertemu dan bertransaksi. Proses dan sistem P2P Lending sangat mudah digunakan hingga akhirnya banyak orang yang tertarik untuk mengajukan pinjaman atau melakukan investasi melalui platform ini.

Demikian pembahasan mengenai cara mencapai kebebasan finansial, semoga artikel ini bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.