Cara Buat Keset dari Kain Perca yang Mudah Dipraktekkan

Cara Buat Keset dari Kain Perca yang Mudah Dipraktekkan

Cara buat keset dari kain perca mudah diingat dan bahannya juga mudah didapat. Kain perca adalah kain bekas yang bersisa yang terkadang terdapat di tukang jahit. Ketimbang berujung ke tempat sampah dan tidak berguna, anda bisa membawa pulang dan membuatnya menjadi barang yang berguna.

Bagaimana Cara Buat Keset dari Kain Perca yang Mudah Dipraktekkan?

Keset adalah salah satu bahan rumah tangga yang memang harus ada di dalam rumah. Fungsi dari keset itu sendiri adalah untuk membersihkan kaki dari kotoran atau dari air. Biasanya dijual bebas di pasaran, walau tidak sedikit yang membuatnya sendiri agar lebih hemat.

Pembuatan keset dari kain perca cukup mudah untuk dilakukan. Anda bisa mempraktekkan langkah pertama, dengan menyiapkan bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut adalah bahan yang mudah didapatkan, baik di toko atau di rumah Anda sendiri.

Bahan untuk Keset dari Kain Perca

Ada banyak sekali bahan untuk keset dari kain perca yang harus anda siapkan. Salah satu dari bahan tersebut adalah yang dibawa ini.

  • Siapkan kumpulan kain perca yang anda miliki, baik dari tukang jahit atau baju yang tidak terpakai.
  • Siapkan kain kanvas sebagai alas keset rumah, tentukan ukuran keset sesuai dengan keinginan. Anda juga bisa menentukan sesuai dengan jumlah keset yang akan anda buat nanti.
  • Siapkan jarum khusus tapestri atau ukuran besar yang biasa digunakan sebagai menyulam.
  • Siapkan benang sulam berwarna hitam, gunting, lem kain, selotip hitam, meteran.

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang telah tertera maka anda bisa memulai untuk membuat keset kain perca tersebut. Apabila Anda ingin membuatnya dalam jumlah yang banyak, maka anda bisa menyesuaikan bahan yang telah tersedia.

Proses Pembuatan Keset Kain Perca

Proses pembuatan keset kain perca memakan waktu sekitar kurang lebih 60 menit, waktu tersebut tentunya tidak termasuk waktu persiapan. Untuk itu, Anda dapat dengan mudah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk membuat keset kain perca ini.

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan kain kanvas yang akan dijadikan alas.
  • Langkah kedua adalah dengan mengukur keset tersebut yakni pakai ukuran 70x50cm, lalu gunting. Sisihkan keset yang telah diukur.
  • Cara selanjutnya adalah dengan menyiapkan kain perca dengan cara potong atau sobek kain mengikuti serat, tentunya dengan bentuk yang kecil dan memanjang. Buatlah juga potongan lebih panjang 10 cm dari alas keset rumah yang telah dibuat.
  • Apabila semua kain telah terpotong, Anda bisa kepang 3 helai potongan kain sehingga membentuk sebuah jalinan panjang. Proses yang satu ini memang sedikit memakan waktu, Anda bisa melakukannya ketika anda senggang sambil menonton televisi atau mengobrol dengan keluarga.
  • Apabila kepangan telah selesai dibuat, anda bisa merekatkannya dengan menggunakan selotip hitam pada kedua bagian ujung.
  • Siapkan alas keset rumah dari kain kanvas yang telah dipotong, lalu olesi permukaannya dengan lem kain hingga merata.
  • Tempelkan potongan kain hingga seluruh permukaan alas tertutupi. Biarkan bagian ujungnya melebihi alas keset, tekan kain dan pastikan seluruhnya tertempel dengan baik.
  • Masukkan benang sulam ke dalam jarum, lalu jahit bagian ujung kepangan kain yang berlebih, usahakan untuk tidak sampai lewat seluruh kepangannya agar bagian ujung keset rumah itu tampak rapi.

Cara buat keset dari kain perca memang mudah dipraktekkan dengan mudah, karena selain bahan mudah didapat, juga prosesnya juga sangat mudah dipahami. Anda juga bisa memanfaatkan kain yang biasa saja terpakai di rumah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.