4 Manfaat Menggunakan Sistem Absensi Kehadiran untuk Menunjang Pertumbuhan Perusahaan

4 Manfaat Menggunakan Sistem Absensi Kehadiran untuk Menunjang Pertumbuhan Perusahaan

Kesuksesan sebuah perusahaan terletak pada kedisiplinan waktu dan integritas yang dimiliki setiap karyawannya. Hanya dengan memantau absensi kehadiran tiap bulan tidaklah cukup, perusahaan perlu memonitor kedisiplinan terhadap peraturan yang ada di dalam perusahaan disinilah pentingnya sistem absensi kehadiran untuk kesuksesan perusahaan.

Terlebih lagi, di era dimana produktivitas kerja serta efisiensi menjadi faktor utama bagi perusahaan agar terus berkembang menjadi lebih baik dari para pesaing. Mau tidak mau membuat perusahaan untuk terus berinovasi. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan ialah memperbaiki manajemen kehadiran karyawan yang berfokus untuk meningkatkan produktivitas dan juga mengembangkan diri mereka menjadi lebih efektif, namun tetap efisien.

Sistem absensi kehadiran acap kali disepelekan, padahal justru inilah fondasi terbentuknya loyalitas dari karyawan terhadap perusahaan. Berikut ini 4 alasan utama kenapa setiap perusahan atau pemiliki harus menerapkan sistem absensi kehadiran serta apa manfaatnya untuk perusahaan.

  1. Inovasi Melalui Sistem absensi kehadiran

Terlepas dari jenis dan besarnya perusahaan Anda, memiliki sistem kehadiran merupakan suatu keharusan yang sangat berperan besar untuk perkembangan perusahaan, bisnis dan kinerja karyawan.

Beberapa perusahaan masih membuat laporan secara manual, yang mana cara ini akan sangat menguras waktu serta tenaga dan juga hasil yang kurang efektif. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan mesin absensi. Integrasi yang baik dari mesin absensi dan software-nya akan membantu divisi personalia menerapkan sistem administrasi dan juga payroll yang tepat waktu untuk perusahaan.

  1. Informasi dan Data Real-Time

Penggunaan mesin absensi tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan berskala besar namun juga sangat membantu untuk perusahaan kecil. Perusahaan multi cabang akan terbantu karena lebih mudah dalam mengorganisir karyawan mereka terutama dari segi administratif. Untuk perusahaan kecil akan sangat terbantu untuk membentuk sebuah peraturan perusahaan menjadi lebih disiplin dan pastinya teratur.

Perkembangan teknologi menawarkan metode terbaru untuk mengolah data karyawan. Absensi modern tidak hanya menggunakan scan kartu, sidik jari atau wajah, namun sistem absensi kehadiran berteknologi cloud juga dapat memberi kemudahan absen karyawan dimana saja dengan hanya menggunakan aplikasi di smartphone.

Perusahaan dapat mengolah data absensi kehadiran diseluruh lokasi/cabang secara terpusat dengan real-time, lalu mengaksesnya menggunakan internet dan aplikasi. Dengan sistem ini Karyawan bisa melakukan absensi tanpa menghambat kinerja mereka dari manapun.

  1. Efisiensi dan Transparansi

Bagi perusahaan yang menerapkan multi-shift, mengatur jadwal kerja, lemburan karyawan sangatlah penting. Disinilah peran dari mesin dan software absensi kehadiran yang nantinya akan sangat membantu perusahaan.

Dengan pengaturan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pada software absensi kehadiran, maka laporan data karyawan bisa diolah secara otomatis. Selain meningkatkan efisiensi, hal ini juga sangat penting untuk dapat memastikan karyawan mendapatkan upah yang sesuai.

Teknologi pada mesin absensi modern yang transparan memungkinkan karyawan untuk memantau absensi mereka dalam keperluan administratif seperti izin melalui mesin atau aplikasi. Sistem yang transparan tersebut mampu menjaga kedisiplinan serta kepercayaan antar karyawan.

  1. Meningkatkan Keamanan

Bila sebelumnya sering didapati karyawan yang memanipulasi absensi sepert titip absen menggunakan kartu ataupun pin/password, hal ini juga dapat dicegah menggunakan mesin absensi sidik jari. Teknologi sidik jari tidak dapat dicurangi sehingga data yang tersimpan pada mesin tersebut akurat.

Selain itu, mesin absensi yang juga dapat berfungsi sebagai akses untuk membuka pintu bagi karyawan yang sudah ditetapkan di perusahaan dengan otentikasi kartu, sidik jari, password atau scan wajah. Dengan begitu, keamanan suatu ruangan akan lebih terjaga.

Talenta by Mekari Rekomendasi Aplikasi Absensi Kehadiran Pegawai Terbaik

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

  1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi kehadiran sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.
  1. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

  1. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi kehadiran Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.